Istilah Dalam Dunia SEO Online
Cob22 memberikan artikel ini untuk anda yang hobby SEO online dan bagi yang belum mengetahui mengenai hal istilah dalam SEO online, semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi anda.
Dari awal pasti anda sudah ketahui APASIH ITU SEO ? anda blogger sudah menerapkannya dari awal bukan, saat anda memulai blogging! SEO (Search Engine Optimization) ini yang anda lakukan pada saat anda ingin memulai blogging. Disini saya ingin membahas istilahnya kepada anda mengenai SEO ini. Langsung saja di simak ya artikelnya :
SEO (Search Engine Optimization)
Adalah suatu proses untuk meningkatkan visibility sebuah website dalam suatu mesin pencari dengan menggunakan metode natural dalam hasil suatu pencarian. Perlu diketahui juga bahwa ada dua macam teknik yang biasa digunakan, yang pertama adalah “White Hat” yaitu dengan menggunakan natural optimization dan yang kedua adalah “BlackHat” yaitu dengan cara menggunakan traffic instan.
SEM (Search Engine Marketing)
Adalah suatu nama sebutan dalam dunia SEO yang melibatkan marketing atau produk dalam search engine, SEM dibagi menjadi dua bagian yaitu SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay Per Click).
Linkbait
Adalah bagian kecil dari suatu website yang dipublikasikan dalam sebuah website atau blog dengan tujuan untuk menarik sejumlah backlink. Contoh dari Linkbait dengan menuliskan kata Top 10.
NoFollow
Adalah sebuah atribut yang digunakan pada link suatu website yang menunjukkan agar google tidak memberikan kaitan pada website tersebut, biasanya digunakan pada link-link yang berbayar atau menghindari spam link.
Sandbox
Google memiliki bagian index tersendiri bagi semua website yang baru diindex, ketika sebuah website masuk dalam sandbox maka website tersebut tidak akan tampil pada hasil pencarian sampai google memutuskan bahwa website tersebut tervalidasi.
BLACK HAT SEO - Metode seo yg menyimpang dari apa yang telah di anjurkan oleh search engine. Bila ketauan menggunakan metode ini bisa diberi sanksi oleh SE.
WHITE HAT SEO - Metode seo yg di anjurkan atau diperbolehkan untuk dilakukan.
BROKEN LINK - tautan (link) yang tidak valid / tidak bisa diakses akibat adanya perubahan pada link itu atau perubahan pada halaman yang dituju.
CRAWLER / ROBOT / SPIDER - suatu alat atau program yang digunakan seacrh engine untuk mengindex atau me'mata- matai seluruh website yang ada di internet.
DUPLICATE CONTENT - suatu halaman web yang memiliki konten sama dengan halaman web yg lain. Umumnya search engine kurang menyukai hal ini.
DO FOLLOW - atribut pada link yg mengijinkan Crawler untuk melakukan penelusuran pada link tersebut.
Kegunaan dalam SEO : Anchor teks sangat berperan penting dalam SEO, karena dengan anchor text-lah blog/post Sobat bisa terekam oleh Search Engine. (Search Engine = mesin pencari. misal : Google, Yahoo )
Kegunaan dalam SEO : Jumlah dari unique visitor akan meningkatkan popularitas halaman Web Sobat.
halaman ranking blog Sobat dalam hasil pencarian.
Kegunaan dalam SEO : Memahami algoritma Search Engine akan membantu Sobat
meningkatkan ranking blog Sobat dalam hasil pencarian.
Kegunaan dalam SEO : Cara Search Engine melihat halaman blog Sobat memengaruhi
ranking halaman blog Sobat.
Contoh : Nama dari bot milik Yahoo adalah inktomi slurp.
Kegunaan dalam SEO : Jumlah dari IBLs ke suatu halaman akan meningkatkan popularitas di Search Engine
Contoh : Jika Sobat me-link halaman ini dengan frase Rank maka itu adalah IBL dari halaman Sobat kepada blog ini
Kegunaan dalam SEO : Mengidentifikasi situs dimana Sobat mendapatkan blind traffic akan membantu menghemat uang untuk promosi yang salah.
Contoh : Jika Sobat adalah vendor software, dan seseorang mengunjungi situs Sobat melalui link yang dia lihat di sebuah situs info masakan, itulah yang disebut dengan blind traffic.
Kegunaan dalam SEO : Semakin banyak halaman Web Sobat yang didata oleh query pencari, semakin bagus kesempatan Web Sobat untuk dikunjungi.
versi, dan setiap halaman ditujukan untuk bot Search Engine tertentu (memanfaatkan kelemahan setiap Search Engine).
Kegunaan dalam SEO : Ini adalah teknik SEO yang memang sangat tidak dianjurkan, Sobat bisa diberi penalti/hukuman berat jika melakukan hal ini.
Contoh : Sebuah halaman Web yang ditujukan untuk bot milik Yahoo akan dioptimisasi untuk bot milik Yahoo.
Kegunaan dalam SEO : Menggunakan doorway page atau gateway page merupakan pelanggaran
TOS (Terms Of Services) di sebagian besar Search Engine dan dapat dihukum dengan banning.
Kegunaan dalam SEO : Search Engine menggunakan informasi yang terdapat di dalam direktori untuk mengevaluasi/menilai halaman.
Contoh : Direktori DMOZ digunakan oleh Google.
Kegunaan dalam SEO : unEthical SEO dapat membuat situs Sobat di-banned oleh Search Engine selamanya.
Kegunaan dalam SEO : Sedikit menggunakan kata-kata tersebut sebagai keyword di dalam situs Sobat akan membantu meningkatkan kepadatan keyword dari keyword asli Sobat.
Kegunaan dalam SEO : Selama update berlangsung, hasil pencarian untuk setiap data center milik google berbeda. Hal ini dapat membuat lonjakan ranking Sobat di Google.
Kegunaan dalam SEO : Semakin banyak hit, semakin populer web Sobat.
Kegunaan dalam SEO : SEO adalah proses mengoptimasi halaman Web untuk keyword dan
frase kata sehingga halaman tersebut mempunyai ranking tinggi di hasil pencarian dari suatu query pencarian.
Kegunaan dalam SEO : SEO adalah proses mengoptimasi halaman Web untuk keyword dan
frase kata sehingga halaman tersebut mempunyai ranking tinggi di hasil pencarian dari suatu query pencarian.
Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi density/ kepadatan suatu keyword, semakin besar
kesempatan untuk memenangkan keyword tersebut dalam hasil pencarian dari situs lain.
Kegunaan dalam SEO : Mengidentifikasi keyword yang mempunyai tingkat pencarian tinggi
dapat membantu mengoptimasi halaman Web dengan baik.
Contoh : Wordtracker.com dan Oveture.com menyediakan tool keyword yang berguna.
berhubungan dengan tema dengan jumlah banyak yang bertujuan untuk memperdaya
Kegunaan dalam SEO : Walaupun tidak secara langsung melanggar TOS dari Search Engine,
setidaknya saat keyword-keyword tersebut tampak bagi pengunjung, hal ini memungkinkan
Search Engine mengurangi/ memotong teks yang tidak sesuai dengan struktur grammar.
Kegunaan dalam SEO : Menggunakan link farm merupakan pelanggaran TOS (Terms Of
Services) di sebagian besar Search Engine dan dapat dihukum dengan banning.
Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi popularitas link Sobat, semakin tinggi ranking Sobat.
Kegunaan dalam SEO : Menggunakan mirror merupakan pelanggaran TOS (Terms Of Services)
di sebagian besar Search Engine ,bila tetap dilakukan maka situs tersebutakan di-banned
Tujuan META Tag adalah menyediakan informasi tambahan mengenai sebuah halaman Web.
Tag yang paling berpengaruh dalam Search Engine adalah tag keyword dan tag description
Kegunaan dalam SEO : Penggunaan Tag tersebut dalam suatu web adalah agar situs Sobat terdaftar/terdata di Search Engine.
(Meta description sekarang sudah nggak berpengaruh di SERP) Apa itu SERP? Silahkan klik
tersebut berguna/ bagus dan memutuskan untuk membuat link ke situs itu.
Kegunaan dalam SEO : Jenis link ini sangat bagus dalam popularitas link, karena berarti situs yang di-link memang pantas dan mempunyai sumber informasi yang berkualitas. Untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan link natural, pastikan situs Sobat mempunyai konten/ isi yang lebih berkualitas.
Kegunaan dalam SEO : Search Engine semakin bergantung pada elemen-elemen ini saat
menentukan ranking karena kebal dari spamming dan penyalahgunaan. (Spam = sampah)
berpengaruh dalam menentukan ranking Search Engine.
Kegunaan dalam SEO : Elemen-elemen ini cenderung menuju spamming keyword dan
semacamnya sehingga Search Engine tidak “melihat” elemen ini seperti off-page elemen saat menentukan ranking.
Contoh : META tags, page text, title tag text, site link structure
Kegunaan dalam SEO : Tidak memengaruhi popularitas link, tetapi waspadalah untuk tidak melink ke situs yang memungkinkan situs Sobat di-banned.
Kegunaan dalam SEO : link ini sangat bagus dalam membangun popularitas link.
Kegunaan dalam SEO : Google mengklaim kalau PR (Page Rank) berperan penting dalam SEO khusus di google.
Kegunaan dalam SEO : ada yang bilang kalau query bisa dijadikan bahan untuk memanipulasi data.
Kegunaan dalam SEO : Semakin besar rangking, SEO semakin baik
Contoh : tukeran link / banner
Kegunaan dalam SEO : Hal ini membantu meningkatkan trafik dan bisa juga menambah
popularitas link.
Kegunaan dalam SEO : Sobat bisa menentukan halaman mana yang boleh terindeks atau mesin pencari mana yang boleh mengindeks Website Sobat. Misal, Sobat bisa menentukan bahwa spider milik Google boleh mengindeks situs Sobat tetapi tidak untuk spider milik Yahoo. File ini berguna untuk menghentikan situs agar tidak diindeks secara tidak sengaja saat dalam proses maintenance atau Sobat a ingin beberapa bagian situs Sobat untuk tersembunyi oleh spider.
Contoh : Google, Yahoo, MSN, DLL
Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi ranking situs Sobat di SERPS untuk keyword tertentu yang Sobat gunakan, semakin banyak pengunjung yang Sobat dapatkan.
Kegunaan dalam SEO : Halaman ini memungkinkan spider mesin pencari untuk mengindeks
halaman-halaman penting dari situs dengan mudah karena bisa dengan mudah diakses dalam satu halaman. Link menuju site map sebaiknya mudah diakses dan diindeks.
Kegunaan dalam SEO : Melakukan spam akan berakibat pada banning/larangan.
Kegunaan dalam SEO : Title tag berpengaruh dalam ranking situs. Pastikan bahwa title tag adalah teks yang cocok dan relevan dengan tema halaman Web Sobat.
Kegunaan dalam SEO : Jika digunakan dengan benar dapat berpengaruh bagi ranking mesin
pencari. Title Text/ Attribute bekerja seperti ALT Text/ Attribute.
Kegunaan dalam SEO : Praktek ini dapat membuat situs Sobat di-banned oleh mesing pencari selamanya.
Contoh : Cloaking, gateway page, dan semacamnya.
Dari awal pasti anda sudah ketahui APASIH ITU SEO ? anda blogger sudah menerapkannya dari awal bukan, saat anda memulai blogging! SEO (Search Engine Optimization) ini yang anda lakukan pada saat anda ingin memulai blogging. Disini saya ingin membahas istilahnya kepada anda mengenai SEO ini. Langsung saja di simak ya artikelnya :
SEO (Search Engine Optimization)
Adalah suatu proses untuk meningkatkan visibility sebuah website dalam suatu mesin pencari dengan menggunakan metode natural dalam hasil suatu pencarian. Perlu diketahui juga bahwa ada dua macam teknik yang biasa digunakan, yang pertama adalah “White Hat” yaitu dengan menggunakan natural optimization dan yang kedua adalah “BlackHat” yaitu dengan cara menggunakan traffic instan.
SEM (Search Engine Marketing)
Adalah suatu nama sebutan dalam dunia SEO yang melibatkan marketing atau produk dalam search engine, SEM dibagi menjadi dua bagian yaitu SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay Per Click).
Linkbait
Adalah bagian kecil dari suatu website yang dipublikasikan dalam sebuah website atau blog dengan tujuan untuk menarik sejumlah backlink. Contoh dari Linkbait dengan menuliskan kata Top 10.
NoFollow
Adalah sebuah atribut yang digunakan pada link suatu website yang menunjukkan agar google tidak memberikan kaitan pada website tersebut, biasanya digunakan pada link-link yang berbayar atau menghindari spam link.
Sandbox
Google memiliki bagian index tersendiri bagi semua website yang baru diindex, ketika sebuah website masuk dalam sandbox maka website tersebut tidak akan tampil pada hasil pencarian sampai google memutuskan bahwa website tersebut tervalidasi.
BLACK HAT SEO - Metode seo yg menyimpang dari apa yang telah di anjurkan oleh search engine. Bila ketauan menggunakan metode ini bisa diberi sanksi oleh SE.
WHITE HAT SEO - Metode seo yg di anjurkan atau diperbolehkan untuk dilakukan.
BROKEN LINK - tautan (link) yang tidak valid / tidak bisa diakses akibat adanya perubahan pada link itu atau perubahan pada halaman yang dituju.
CRAWLER / ROBOT / SPIDER - suatu alat atau program yang digunakan seacrh engine untuk mengindex atau me'mata- matai seluruh website yang ada di internet.
DUPLICATE CONTENT - suatu halaman web yang memiliki konten sama dengan halaman web yg lain. Umumnya search engine kurang menyukai hal ini.
DO FOLLOW - atribut pada link yg mengijinkan Crawler untuk melakukan penelusuran pada link tersebut.
- Anchor Text
Kegunaan dalam SEO : Anchor teks sangat berperan penting dalam SEO, karena dengan anchor text-lah blog/post Sobat bisa terekam oleh Search Engine. (Search Engine = mesin pencari. misal : Google, Yahoo )
- Unique Visitor
Kegunaan dalam SEO : Jumlah dari unique visitor akan meningkatkan popularitas halaman Web Sobat.
- Algorithm
halaman ranking blog Sobat dalam hasil pencarian.
Kegunaan dalam SEO : Memahami algoritma Search Engine akan membantu Sobat
meningkatkan ranking blog Sobat dalam hasil pencarian.
- Bot
Kegunaan dalam SEO : Cara Search Engine melihat halaman blog Sobat memengaruhi
ranking halaman blog Sobat.
Contoh : Nama dari bot milik Yahoo adalah inktomi slurp.
- Back Link
Kegunaan dalam SEO : Jumlah dari IBLs ke suatu halaman akan meningkatkan popularitas di Search Engine
Contoh : Jika Sobat me-link halaman ini dengan frase Rank maka itu adalah IBL dari halaman Sobat kepada blog ini
- Blind Traffic
Kegunaan dalam SEO : Mengidentifikasi situs dimana Sobat mendapatkan blind traffic akan membantu menghemat uang untuk promosi yang salah.
Contoh : Jika Sobat adalah vendor software, dan seseorang mengunjungi situs Sobat melalui link yang dia lihat di sebuah situs info masakan, itulah yang disebut dengan blind traffic.
- Clustering
Kegunaan dalam SEO : Semakin banyak halaman Web Sobat yang didata oleh query pencari, semakin bagus kesempatan Web Sobat untuk dikunjungi.
- Cloaking
versi, dan setiap halaman ditujukan untuk bot Search Engine tertentu (memanfaatkan kelemahan setiap Search Engine).
Kegunaan dalam SEO : Ini adalah teknik SEO yang memang sangat tidak dianjurkan, Sobat bisa diberi penalti/hukuman berat jika melakukan hal ini.
Contoh : Sebuah halaman Web yang ditujukan untuk bot milik Yahoo akan dioptimisasi untuk bot milik Yahoo.
- Doorway Page / Gateway Page
Kegunaan dalam SEO : Menggunakan doorway page atau gateway page merupakan pelanggaran
TOS (Terms Of Services) di sebagian besar Search Engine dan dapat dihukum dengan banning.
- Directory
Kegunaan dalam SEO : Search Engine menggunakan informasi yang terdapat di dalam direktori untuk mengevaluasi/menilai halaman.
Contoh : Direktori DMOZ digunakan oleh Google.
- Ethical SEO
Kegunaan dalam SEO : unEthical SEO dapat membuat situs Sobat di-banned oleh Search Engine selamanya.
- Filter Words/ Stop Words
Kegunaan dalam SEO : Sedikit menggunakan kata-kata tersebut sebagai keyword di dalam situs Sobat akan membantu meningkatkan kepadatan keyword dari keyword asli Sobat.
- Google Dance
Kegunaan dalam SEO : Selama update berlangsung, hasil pencarian untuk setiap data center milik google berbeda. Hal ini dapat membuat lonjakan ranking Sobat di Google.
- Hits
Kegunaan dalam SEO : Semakin banyak hit, semakin populer web Sobat.
- Keyword
Kegunaan dalam SEO : SEO adalah proses mengoptimasi halaman Web untuk keyword dan
frase kata sehingga halaman tersebut mempunyai ranking tinggi di hasil pencarian dari suatu query pencarian.
- Keyphrases
Kegunaan dalam SEO : SEO adalah proses mengoptimasi halaman Web untuk keyword dan
frase kata sehingga halaman tersebut mempunyai ranking tinggi di hasil pencarian dari suatu query pencarian.
- Keyword Density
Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi density/ kepadatan suatu keyword, semakin besar
kesempatan untuk memenangkan keyword tersebut dalam hasil pencarian dari situs lain.
- Keyword Research/ Analysis
Kegunaan dalam SEO : Mengidentifikasi keyword yang mempunyai tingkat pencarian tinggi
dapat membantu mengoptimasi halaman Web dengan baik.
Contoh : Wordtracker.com dan Oveture.com menyediakan tool keyword yang berguna.
- Keyword Stuffing/ Spamming
berhubungan dengan tema dengan jumlah banyak yang bertujuan untuk memperdaya
Kegunaan dalam SEO : Walaupun tidak secara langsung melanggar TOS dari Search Engine,
setidaknya saat keyword-keyword tersebut tampak bagi pengunjung, hal ini memungkinkan
Search Engine mengurangi/ memotong teks yang tidak sesuai dengan struktur grammar.
- Link Farm
Kegunaan dalam SEO : Menggunakan link farm merupakan pelanggaran TOS (Terms Of
Services) di sebagian besar Search Engine dan dapat dihukum dengan banning.
- Link Popularity
Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi popularitas link Sobat, semakin tinggi ranking Sobat.
- Mirror
Kegunaan dalam SEO : Menggunakan mirror merupakan pelanggaran TOS (Terms Of Services)
di sebagian besar Search Engine ,bila tetap dilakukan maka situs tersebutakan di-banned
- META Tags
Tujuan META Tag adalah menyediakan informasi tambahan mengenai sebuah halaman Web.
Tag yang paling berpengaruh dalam Search Engine adalah tag keyword dan tag description
Kegunaan dalam SEO : Penggunaan Tag tersebut dalam suatu web adalah agar situs Sobat terdaftar/terdata di Search Engine.
(Meta description sekarang sudah nggak berpengaruh di SERP) Apa itu SERP? Silahkan klik
- Natural Links
tersebut berguna/ bagus dan memutuskan untuk membuat link ke situs itu.
Kegunaan dalam SEO : Jenis link ini sangat bagus dalam popularitas link, karena berarti situs yang di-link memang pantas dan mempunyai sumber informasi yang berkualitas. Untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan link natural, pastikan situs Sobat mempunyai konten/ isi yang lebih berkualitas.
- Off-Page Factors/ Elements
Kegunaan dalam SEO : Search Engine semakin bergantung pada elemen-elemen ini saat
menentukan ranking karena kebal dari spamming dan penyalahgunaan. (Spam = sampah)
- On-Page Factors/ Elements
berpengaruh dalam menentukan ranking Search Engine.
Kegunaan dalam SEO : Elemen-elemen ini cenderung menuju spamming keyword dan
semacamnya sehingga Search Engine tidak “melihat” elemen ini seperti off-page elemen saat menentukan ranking.
Contoh : META tags, page text, title tag text, site link structure
- OutBound Links
Kegunaan dalam SEO : Tidak memengaruhi popularitas link, tetapi waspadalah untuk tidak melink ke situs yang memungkinkan situs Sobat di-banned.
- One-way Links
Kegunaan dalam SEO : link ini sangat bagus dalam membangun popularitas link.
- Page Rank (PR)
Kegunaan dalam SEO : Google mengklaim kalau PR (Page Rank) berperan penting dalam SEO khusus di google.
- Query
Kegunaan dalam SEO : ada yang bilang kalau query bisa dijadikan bahan untuk memanipulasi data.
- Ranking
Kegunaan dalam SEO : Semakin besar rangking, SEO semakin baik
- Reciprocal Links
Contoh : tukeran link / banner
Kegunaan dalam SEO : Hal ini membantu meningkatkan trafik dan bisa juga menambah
popularitas link.
- Robots.txt
Kegunaan dalam SEO : Sobat bisa menentukan halaman mana yang boleh terindeks atau mesin pencari mana yang boleh mengindeks Website Sobat. Misal, Sobat bisa menentukan bahwa spider milik Google boleh mengindeks situs Sobat tetapi tidak untuk spider milik Yahoo. File ini berguna untuk menghentikan situs agar tidak diindeks secara tidak sengaja saat dalam proses maintenance atau Sobat a ingin beberapa bagian situs Sobat untuk tersembunyi oleh spider.
- Search Engine (Mesin Pencari)
Contoh : Google, Yahoo, MSN, DLL
- SERPS
Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi ranking situs Sobat di SERPS untuk keyword tertentu yang Sobat gunakan, semakin banyak pengunjung yang Sobat dapatkan.
- Site Map
Kegunaan dalam SEO : Halaman ini memungkinkan spider mesin pencari untuk mengindeks
halaman-halaman penting dari situs dengan mudah karena bisa dengan mudah diakses dalam satu halaman. Link menuju site map sebaiknya mudah diakses dan diindeks.
- Spam
Kegunaan dalam SEO : Melakukan spam akan berakibat pada banning/larangan.
- Title Tag
Kegunaan dalam SEO : Title tag berpengaruh dalam ranking situs. Pastikan bahwa title tag adalah teks yang cocok dan relevan dengan tema halaman Web Sobat.
- Title Text/ Attribute
Kegunaan dalam SEO : Jika digunakan dengan benar dapat berpengaruh bagi ranking mesin
pencari. Title Text/ Attribute bekerja seperti ALT Text/ Attribute.
- UnEthical SEO
Kegunaan dalam SEO : Praktek ini dapat membuat situs Sobat di-banned oleh mesing pencari selamanya.
Contoh : Cloaking, gateway page, dan semacamnya.
No comments:
Post a Comment