Tuesday, 26 March 2013

Istilah Dalam Dunia SEO Online

Istilah Dalam Dunia SEO Online

  • Rabu, 20 Juni 2012

  • Cob22 memberikan artikel ini untuk anda yang hobby SEO online dan bagi yang belum mengetahui mengenai hal istilah dalam SEO online, semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi anda.

    Dari awal pasti anda sudah ketahui APASIH ITU SEO ? anda blogger sudah menerapkannya dari awal bukan, saat anda memulai blogging! SEO (Search Engine Optimization) ini yang anda lakukan pada saat anda ingin memulai blogging. Disini saya ingin membahas istilahnya kepada anda mengenai SEO ini. Langsung saja di simak ya artikelnya :


    SEO (Search Engine Optimization)
    Adalah suatu proses untuk meningkatkan visibility sebuah website dalam suatu mesin pencari dengan menggunakan metode natural dalam hasil suatu pencarian. Perlu diketahui juga bahwa ada dua macam teknik yang biasa digunakan, yang pertama adalah “White Hat” yaitu dengan menggunakan natural optimization dan yang kedua adalah “BlackHat” yaitu dengan cara menggunakan traffic instan. 


    SEM (Search Engine Marketing)
    Adalah suatu nama sebutan dalam dunia SEO yang melibatkan marketing atau produk dalam search engine, SEM dibagi menjadi dua bagian yaitu SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay Per Click).

    Linkbait
    Adalah bagian kecil dari suatu website yang dipublikasikan dalam sebuah website atau blog dengan tujuan untuk menarik sejumlah backlink. Contoh dari Linkbait dengan menuliskan kata Top 10.

    NoFollow
    Adalah sebuah atribut yang digunakan pada link suatu website yang menunjukkan agar google tidak memberikan kaitan pada website tersebut, biasanya digunakan pada link-link yang berbayar atau menghindari spam link.

    Sandbox
    Google memiliki bagian index tersendiri bagi semua website yang baru diindex, ketika sebuah website masuk dalam sandbox maka website tersebut tidak akan tampil pada hasil pencarian sampai google memutuskan bahwa website tersebut tervalidasi.

    BLACK HAT SEO - Metode seo yg menyimpang dari apa yang telah di anjurkan oleh search engine. Bila ketauan menggunakan metode ini bisa diberi sanksi oleh SE.

    WHITE HAT SEO - Metode seo yg di anjurkan atau diperbolehkan untuk dilakukan.

    BROKEN LINK - tautan (link) yang tidak valid / tidak bisa diakses akibat adanya perubahan pada link itu atau perubahan pada halaman yang dituju.

    CRAWLER / ROBOT / SPIDER - suatu alat atau program yang digunakan seacrh engine untuk mengindex atau me'mata- matai seluruh website yang ada di internet.

    DUPLICATE CONTENT - suatu halaman web yang memiliki konten sama dengan halaman web yg lain. Umumnya search engine kurang menyukai hal ini.

    DO FOLLOW - atribut pada link yg mengijinkan Crawler untuk melakukan penelusuran pada link tersebut.
    • Anchor Text
    Pengertian : Teks atau hyperlink yang terlihat. (hiperlink = teks yang berisi link ) Adalah kata-kata yang terdapat pada backlink yang dapat di klik, biasanya kata-kata tersebut adalah suatu keyword yang menggambarkan website yang dituju. Biasanya Anchor Text ini menggambarkan bobot dari link website yang dituju dan google menilai ini sebagai bahan pertimbangan dalam tingkat Page Rank.

    Kegunaan dalam SEO : Anchor teks sangat berperan penting dalam SEO, karena dengan anchor text-lah blog/post Sobat bisa terekam oleh Search Engine. (Search Engine = mesin pencari. misal : Google, Yahoo )
    • Unique Visitor
    Pengertian : Komputer atau seseorang yang mengunjungi Blog Sobat
    Kegunaan dalam SEO : Jumlah dari unique visitor akan meningkatkan popularitas halaman Web Sobat.
    • Algorithm
    Pengertian : Rumus yang digunakan oleh Search Engine untuk menentukan bagaimana ranking/peringkat
    halaman ranking blog Sobat dalam hasil pencarian.
    Kegunaan dalam SEO : Memahami algoritma Search Engine akan membantu Sobat
    meningkatkan ranking blog Sobat dalam hasil pencarian.
    • Bot
    Pengertian : Kependekan dari 'robot' (sering juga disebut spider). Bot merujuk pada program yang memindai Web.
    Kegunaan dalam SEO : Cara Search Engine melihat halaman blog Sobat memengaruhi
    ranking halaman blog Sobat.
    Contoh : Nama dari bot milik Yahoo adalah inktomi slurp.
    • Back Link
    Pengertian : Link dari halaman lain yang menunjuk pada halaman judul. Juga disebut inbound links atau IBLs. Atau Link yang berasal dari suatu website yang menunjukkan konten suatu website.
    Kegunaan dalam SEO : Jumlah dari IBLs ke suatu halaman akan meningkatkan popularitas di Search Engine
    Contoh : Jika Sobat me-link halaman ini dengan frase Rank maka itu adalah IBL dari halaman Sobat kepada blog ini
    • Blind Traffic
    Pengertian : Kualitas trafik jelek yang didapat dari promosi yang salah atau kurang tepat atau karena melakukan spam ke Search Engine
    Kegunaan dalam SEO : Mengidentifikasi situs dimana Sobat mendapatkan blind traffic akan membantu menghemat uang untuk promosi yang salah.
    Contoh : Jika Sobat adalah vendor software, dan seseorang mengunjungi situs Sobat melalui link yang dia lihat di sebuah situs info masakan, itulah yang disebut dengan blind traffic.
    • Clustering
    Pengertian : Fenomena dimana Search Engine mendata dua atau lebih halaman sebuah Web dengan sebuah query pencari.
    Kegunaan dalam SEO : Semakin banyak halaman Web Sobat yang didata oleh query pencari, semakin bagus kesempatan Web Sobat untuk dikunjungi.
    • Cloaking
    Pengertian : Praktek SEO non-etis dengan cara menggunakan halaman Web yang berbeda-beda
    versi, dan setiap halaman ditujukan untuk bot Search Engine tertentu (memanfaatkan kelemahan setiap Search Engine).
    Kegunaan dalam SEO : Ini adalah teknik SEO yang memang sangat tidak dianjurkan, Sobat bisa diberi penalti/hukuman berat jika melakukan hal ini.
    Contoh : Sebuah halaman Web yang ditujukan untuk bot milik Yahoo akan dioptimisasi untuk bot milik Yahoo.
    • Doorway Page / Gateway Page
    Pengertian : Sebuah doorway page atau gateway page bertujuan mengalihkan trafik ke halaman lain. Doorway page biasanya didesain dan dioptimisasi untuk keyword/frase kata kunci tertentu dan umumnya bukan ditujukan untuk manusia melainkan bot.
    Kegunaan dalam SEO : Menggunakan doorway page atau gateway page merupakan pelanggaran
    TOS (Terms Of Services) di sebagian besar Search Engine dan dapat dihukum dengan banning.
    • Directory
    Pengertian : Sebuah direktori adalah situs yang berisi daftar kategori link-link dari seluruh Web.
    Kegunaan dalam SEO : Search Engine menggunakan informasi yang terdapat di dalam direktori untuk mengevaluasi/menilai halaman.
    Contoh : Direktori DMOZ digunakan oleh Google.
    • Ethical SEO
    Pengertian : Melakukan teknik-teknik SEO dengan benar dan legal sehingga tidak membuat situs Sobat terdaftar dalam blacklist oleh Search Engine.
    Kegunaan dalam SEO : unEthical SEO dapat membuat situs Sobat di-banned oleh Search Engine selamanya.
    • Filter Words/ Stop Words
    Pengertian : Kata-kata seperti : is, am, an, for, do, was, the, di, ke, dari, untuk, dan kata-kata lain yang dianggap tidak relevan oleh Search Engine.
    Kegunaan dalam SEO : Sedikit menggunakan kata-kata tersebut sebagai keyword di dalam situs Sobat akan membantu meningkatkan kepadatan keyword dari keyword asli Sobat.
    • Google Dance
    Pengertian : “Google Dance” adalah istilah tidak formal yang merujuk pada periode atau saat dimana Google melakukan update pada indexnya.
    Kegunaan dalam SEO : Selama update berlangsung, hasil pencarian untuk setiap data center milik google berbeda. Hal ini dapat membuat lonjakan ranking Sobat di Google.
    • Hits
    Pengertian : Request/ permintaan kepada server situs Sobat.
    Kegunaan dalam SEO : Semakin banyak hit, semakin populer web Sobat.
    • Keyword
    Pengertian : Kata yang mempunyai tujuan tertentu dari suatu tema sebuah situs. Sebagai contoh, jika sebuah Website memberikan informasi tentang Kendaraan, maka keyword yang digunakan sebaiknya : mobil, sepeda, sepeda motor, Honda, Yamaha, dan semacamnya.
    Kegunaan dalam SEO : SEO adalah proses mengoptimasi halaman Web untuk keyword dan
    frase kata sehingga halaman tersebut mempunyai ranking tinggi di hasil pencarian dari suatu query pencarian.
    • Keyphrases
    Pengertian : Grup dari keyword.
    Kegunaan dalam SEO : SEO adalah proses mengoptimasi halaman Web untuk keyword dan
    frase kata sehingga halaman tersebut mempunyai ranking tinggi di hasil pencarian dari suatu query pencarian.
    • Keyword Density
    Pengertian : Jumlah berapa kali sebuah keyword yang spesifik muncul dalam sebuah halaman dibandingkan dengan jumlah kata-kata di halaman tersebut.
    Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi density/ kepadatan suatu keyword, semakin besar
    kesempatan untuk memenangkan keyword tersebut dalam hasil pencarian dari situs lain.
    • Keyword Research/ Analysis
    Pengertian : Proses menganalisa sebuah topik/ situs yang bertujuan untuk mengidentifikasi keyword yang mampu mendeskripsikan topik/ situs tersebut dengan baik.
    Kegunaan dalam SEO : Mengidentifikasi keyword yang mempunyai tingkat pencarian tinggi
    dapat membantu mengoptimasi halaman Web dengan baik.
    Contoh : Wordtracker.com dan Oveture.com menyediakan tool keyword yang berguna.
    • Keyword Stuffing/ Spamming
    Pengertian : Proses menjejali halaman Web dengan keyword baik berhubungan maupun tidak
    berhubungan dengan tema dengan jumlah banyak yang bertujuan untuk memperdaya
    Kegunaan dalam SEO : Walaupun tidak secara langsung melanggar TOS dari Search Engine,
    setidaknya saat keyword-keyword tersebut tampak bagi pengunjung, hal ini memungkinkan
    Search Engine mengurangi/ memotong teks yang tidak sesuai dengan struktur grammar.
    • Link Farm
    Pengertian : Grup dari situs yang saling me-link yang bertujuan untuk menaikkan popularitas link. Adalah sebuah group pada suatu website dimana satu link website terhubung dengan website yang lain dan tujuan untuk meningkatkan Page Rank website tersebut.

    Kegunaan dalam SEO : Menggunakan link farm merupakan pelanggaran TOS (Terms Of
    Services) di sebagian besar Search Engine dan dapat dihukum dengan banning.
    • Link Popularity
    Adalah Popularitas suatu web/blog di mata Search Engine yang bergantung pada kualitas dan kuantitas dari link ke situs Sobat dan dari situs Sobat.
    Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi popularitas link Sobat, semakin tinggi ranking Sobat.
    • Mirror
    Adalah sebuah web/blog atau halaman yang nyaris sama alias identik. Mirror umumnya digunakan untuk mengincar keyword yang berbeda.
    Kegunaan dalam SEO : Menggunakan mirror merupakan pelanggaran TOS (Terms Of Services)
    di sebagian besar Search Engine ,bila tetap dilakukan maka situs tersebutakan di-banned
    • META Tags
    Adalah kumpulan "meta" yang di dalamnya ada Meta Description , Meta Keywords, dan Title. Meta tag ini terlatak di bagian head . Sebenarnya, jika di kupas tuntas tentang meta Tag sampai ke akar-akarnya, ada sekitar 50-60an jenis tag yang digunakan dalam suatu web, tapi, yang paling pokok adalah 3 tag yang sudah saya sebutkan di atas. Atau seperti title tag, meta tag digunakan dalam memberikan deskripsi pada halaman suatu website dan biasanya meta tag ini diberikan pada bagian body pada suatu halaman website.

    Tujuan META Tag adalah menyediakan informasi tambahan mengenai sebuah halaman Web.
    Tag yang paling berpengaruh dalam Search Engine adalah tag keyword dan tag description
    Kegunaan dalam SEO : Penggunaan Tag tersebut dalam suatu web adalah agar situs Sobat terdaftar/terdata di Search Engine.
    (Meta description sekarang sudah nggak berpengaruh di SERP) Apa itu SERP? Silahkan klik
    • Natural Links
    Adalah Link yang menunjuk suatu Website yang dibuat oleh seseorang karena Website
    tersebut berguna/ bagus dan memutuskan untuk membuat link ke situs itu.
    Kegunaan dalam SEO : Jenis link ini sangat bagus dalam popularitas link, karena berarti situs yang di-link memang pantas dan mempunyai sumber informasi yang berkualitas. Untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan link natural, pastikan situs Sobat mempunyai konten/ isi yang lebih berkualitas.
    • Off-Page Factors/ Elements
    Adalah elemen yang tidak berada dalam kontrol langsung dari developer suatu situs dan berpengaruh dalam menentukan ranking Search Engine.
    Kegunaan dalam SEO : Search Engine semakin bergantung pada elemen-elemen ini saat
    menentukan ranking karena kebal dari spamming dan penyalahgunaan. (Spam = sampah)
    • On-Page Factors/ Elements
    Adalah elemen yang berada dalam kontrol langsung dari developer suatu situs dan
    berpengaruh dalam menentukan ranking Search Engine.
    Kegunaan dalam SEO : Elemen-elemen ini cenderung menuju spamming keyword dan
    semacamnya sehingga Search Engine tidak “melihat” elemen ini seperti off-page elemen saat menentukan ranking.
    Contoh : META tags, page text, title tag text, site link structure
    • OutBound Links
    Adalah link dalam sebuah situs yang menunjuk ke situs lain
    Kegunaan dalam SEO : Tidak memengaruhi popularitas link, tetapi waspadalah untuk tidak melink ke situs yang memungkinkan situs Sobat di-banned.
    • One-way Links
    Adalah link ke suatu situs yang tidak berbalas.
    Kegunaan dalam SEO : link ini sangat bagus dalam membangun popularitas link.
    • Page Rank (PR)
    Adalah pengukuran popularitas link milik Google untuk sebuah situs. Semakin tinggi PR, semakin tinggi popularitas link-nya.
    Kegunaan dalam SEO : Google mengklaim kalau PR (Page Rank) berperan penting dalam SEO khusus di google.
    • Query
    Adalah pencarian suatu kata atau istilah pada Search Engine.
    Kegunaan dalam SEO : ada yang bilang kalau query bisa dijadikan bahan untuk memanipulasi data.
    • Ranking
    Pengertian : Posisi di hasil pencarian mesin pencari yang dicapai Website untuk keyword/ keyphrase tertentu.
    Kegunaan dalam SEO : Semakin besar rangking, SEO semakin baik
    • Reciprocal Links
    Pengertian : Reciprocal link terjadi ketika situs A me-link ke situs B, dan sebagai balasannya, situs B juga me-link situs A.
    Contoh : tukeran link / banner
    Kegunaan dalam SEO : Hal ini membantu meningkatkan trafik dan bisa juga menambah
    popularitas link.
    • Robots.txt
    Pengertian : File yang akan dibaca spider/ bot untuk menentukan bagian mana dari Website yang boleh dikunjungi oleh spider/ bot tersebut.
    Kegunaan dalam SEO : Sobat bisa menentukan halaman mana yang boleh terindeks atau mesin pencari mana yang boleh mengindeks Website Sobat. Misal, Sobat bisa menentukan bahwa spider milik Google boleh mengindeks situs Sobat tetapi tidak untuk spider milik Yahoo. File ini berguna untuk menghentikan situs agar tidak diindeks secara tidak sengaja saat dalam proses maintenance atau Sobat a ingin beberapa bagian situs Sobat untuk tersembunyi oleh spider.
    • Search Engine (Mesin Pencari)
    Pengertian : Database Informasi yang didapat dari mengindeks seluruh halaman web yang terdaftar.
    Contoh : Google, Yahoo, MSN, DLL
    • SERPS
    Pengertian : Singkatan dari Search Engine Result PageS. (Lebih lanjut, baca : Istilah-Istilah dalam Dunia SEO [Lembar 2] )
    Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi ranking situs Sobat di SERPS untuk keyword tertentu yang Sobat gunakan, semakin banyak pengunjung yang Sobat dapatkan.
    • Site Map
    Pengertian : Halaman khusus di suatu situs yang berisi representasi struktur link dari situs yang berbentuk tree-like.
    Kegunaan dalam SEO : Halaman ini memungkinkan spider mesin pencari untuk mengindeks
    halaman-halaman penting dari situs dengan mudah karena bisa dengan mudah diakses dalam satu halaman. Link menuju site map sebaiknya mudah diakses dan diindeks.
    • Spam
    Pengertian : Dalam konteks SEO, spam merujuk pada teknik manipulasi yang melanggar TOS / peraturan dari mesin pencari dan didesain untuk memperoleh ranking tinggi dari suatu halaman Web.
    Kegunaan dalam SEO : Melakukan spam akan berakibat pada banning/larangan.
    • Title Tag
    Pengertian : Title tag digunakan untuk menentukan teks yang muncul di bagian atas dari jendela browser saat mengunjungi halaman Web. Title tag juga muncul sebagai teks link ketika situs muncul dalam hasil pencarian. Atau judul dari sebuah website dan ini adalah bagian terpenting dari penilaian google dalam menghitung algoritma pencarian. Idealnya tittle tag ini adalah unik dan mengandung keyword yang sesuai dengan website.

    Kegunaan dalam SEO : Title tag berpengaruh dalam ranking situs. Pastikan bahwa title tag adalah teks yang cocok dan relevan dengan tema halaman Web Sobat.
    • Title Text/ Attribute
    Pengertian : Teks yang dilampirkan pada tag HTML mana saja dan muncul saat mouse diposisiskan di atas konten tag yang relevan.
    Kegunaan dalam SEO : Jika digunakan dengan benar dapat berpengaruh bagi ranking mesin
    pencari. Title Text/ Attribute bekerja seperti ALT Text/ Attribute.
    • UnEthical SEO
    Pengertian : Melakukan teknik-teknik SEO dengan tidak benar dan ilegal sehingga membuat situs Sobat terdaftar dalam blacklist oleh mesin pencari.
    Kegunaan dalam SEO : Praktek ini dapat membuat situs Sobat di-banned oleh mesing pencari selamanya.
    Contoh : Cloaking, gateway page, dan semacamnya. 

    No comments: